Latest Games :
Home » » Mengenal Dashboard Blog di Blogspot

Mengenal Dashboard Blog di Blogspot

Minggu, 14 April 2013 | 0 komentar


Image DashboardSalam, Bagi anda yang baru saja membuat sebuah blog baru di blogspot, saya ucapkan selamat, kalau saya ibaratkan mengurus blog baru itu hampir sama dengan mengurus bayi yang baru lahir, hampir sama juga susahnya, senangnya, begadangnya, dan masih banyak lagi yang lain, bagi yang belum mempunyai blog, jika anda ingin membuatnya, silahkan baca dulu artikel tentang cara mudah membuat blog di blogspot. Jika selama ini ketika kita melakukan browsing atau ketika mencari file-file yang kita butuhkan di web atau blog, saat itu kita hanya melihat tampilan depannya saja, saat kita sudah punya blog sendiri, maka kita akan berada di tampilan belakang blog kita (Background), atau lebih familiar di kenal dengan nama Dashboard. 

Dashboard, merupakan sebuah halaman web dimana kita memanage blog, meliputi seluruh pengaturan, Penulisan artikel, memanage komentar, melakukan penataan tempat, mempercantik halaman blog, dan lain sebagainya. Supaya lebih mengenal dashboard blog, berikut screenshoot Dashboard di blogspot
Dashboard Blospot 

Dalam mengelola sebuah blog baru, setidaknya ada delapan menu yang harus segera kita kuasai untuk apa fungsinya, dan bagaimana efeknya terhadap performa blog kita, dalam artikel ini akan dibahas tentang delapan menu tersebut.

1. Ikhtisar

Ikhtisar merupakan gambaran umum yang menyajikan data tentang blog kita setiap hari (Up to Date) meliputi pembaharuan, komentar yang menunggu untuk di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, Penayangan hari ini, jumlah artikel yang ada dalam blog kita, hingga jumlah pengikut blog kita.

2. Post

Merupakan menu untuk kita memanage artikel/postingan, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.

3. Laman

Laman, merupakan halaman mandiri yang disediakan oleh blogspot, anda dapat membuat laman yang nantinya bisa anda gunakan sebagai halaman statis, Laman sering di fungsikan sebagai halaman statis untuk menu Tentang kami, Hubungi, Site Map, Tukar Link, Dsb.

4. Komentar

Sesuai dengan namanya, menu ini di gunakan untuk memanage komentar, apabila ada komentar yang masuk di blog anda, untuk menampilkan komentar tersebut atau tidak, anda akan menggunakan menu ini.

5. Statistik

Statistik adalah menu yang menampilkan data pengunjung blog, anda dapat melihat data pengunjung menurut  hari, dan bulan. Menu statistik di bagi menjadi 4 sub menu lagi, yaitu :
a. Ikhtisar, Meliputi jumlah penayangan seluruh artikel di blog, dari penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, dan jumlah total penayangan artikel blog sejak pertama kali di buat.
b. Post, Menampilkan statistik berdasarkan artikel, yaitu artikel mana saja yang sudah dilihat oleh pengunjung.
c. Sumber lalu lintas, merupakan sub menu yang menampilkan dari mana asal pengunjung sehingga dapat menemukan dan membaca artikel kita, apakah dari mesin pencari, atau dari jejaring sosial, atau dari tempat lain.
d. Pemirsa, Menampilkan statistik pengunjung menurut browser yan digunakan untuk mengakses blog kita, kemudian menggunakan sistem operasi apa, windows kah, atau linux,atau mac OS, juga berasal dari negara pengunjung tersebut

6. Tata Letak / Layout

Menu tata letak, merupakan rancangan tampilan blog anda, mau berbentuk tampilan seperti apa blog anda, ya diatur di tata letak, fitur-fitur seperti artikel terpopuler, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.

7. Template

Template merupakan sebuah File, yang merupakan penyusun tampilan blog kita, tampilan blog dapat disesuaikan sesuai dengan kemauan kita dengan memodifikasi kode template, template blogspot biasa nya disusun dengan kode HTML dan CSS. 

8. Setelan

Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi enam sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar, Seluler dan Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya.

Dari delapan menu tersebut sengaja tidak dibahas secara mendetail karena takut artikel nya kepanjangan, dalam atikel selanjutnya barulah kalau ada waktu akan di coba untuk menjelaskan secara detail menu-menu yang ada di dashboard blogspot, semoga bermanfaat
Share this article :

Tidak ada komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hanya Di Sini™ - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger